Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

materi 4 pengertian software

  • Pengertian Software
Menurut International Encyclopedy of Information Science (1997), software merupakan bagian dari komponen sistem komputer yang diprogram yang memungkinkan komputer untuk mencocokkan perintah yang diterima untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Definisi ini juga mengkategorikan software ke dalam 3 kategori, yaitu :
  • . Software sebagai sistem yang berperan mengendalikan jalannya perangkat komputer dan komponen software lain yang menunjang operasional komputer. Software dalam kategori ini dikenal sebagai sistem operasi, contohnya Windows, Linux, dan Mac.Intosh.
  •  Software sebagai program aplikasi yang berperan memenuhi tugas atau perintah tertentu dari sistem. Software dalam kategori ini dikenal sebagai software aplikasi, contohnya Microsoft Office untuk kebutuhan perkantoran, Adobe Photoshop untuk aplikasi gambar dan design, dan Mozilla Firefox untuk aplikasi penelusuran halaman web.
  •  Software sebagai perangkat yang menunjang pengembangan dan pembuatan software sebagai aplikasi. Software ini dikenal sebagai software pemrograman, yaitu software bahasa pemrograman seperti PHP, dan HTML.
Menurut Muffatto (2006), software merupakan rangkaian perintah yang dijalankan oleh komputer dimana software berjalan dalam perangkat keras komputer. Muffatto juga mengkontraskan software dengan hardware. Ia berpendapat software merupakan perintah dan sarana dalam menerjemahkan kebutuhan pengguna terhadap komputer, sedangkan hardware merupakan kamar dan pabrik pengolahan perintah tersebut.
Macam-macam Software
  1. Browser     
 Adalah Sebutan yang diberikan kepada sebuah software yang dipakai untuk mengakses World Wide Web (WWW). 
  1. Jenis-jenis Browser yang sering digunakan adalah sb:                                                                        Mozilla FireFox
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgnqGUbyQJsSCOhLGF48yX0GFzWzXo0s_vDWI5r3pSQxmj0OSGnLrn4w0qeCtMk9OGNBNpJHh8yyS8SM3idonGhs34tj417c2gvNXrqQ65O53HIB62ZXf7NpYCKWQWEeZ0y2utBYr4cgPby/s1600/mozilla.jpgApakah kalian tahu pengertian Mozilla FireFox itu? Awalnya bernama Phoenix, dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird, adalah aplikasi penjelajah web antarplatform bersifat gratis yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla, dan ratusan sukarelawan.


Dengan lebih dari 5 juta download dalam 12 hari pertama rilisnya dan 6 juta hingga 24 November 2004, Firefox 1.0 adalah salah satu perangkat lunak gratis, sumber terbuka (open source) yang paling banyak digunakan di antara pengguna rumahan. saat tulisan ini dibuat, Mozilla Firefox sudah mencapai versi 3.6.6.

  1. Google Chrome
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEizEovngABHm6_1Ye1iZwdDWpmT6KrpOytx1Dia22VWM7ZjPNJeYPAPLsTm2QjuzOheD3aiQYyStefWBMX-3cQalchRlYbSVMDAVvyvNAjMX13-3VgPVY1EWBBha3FXUneCoYL3xiG4V_x-/s1600/gooooooooooooooooo.jpgGoogle Chrome adalah sebuah perambaan web sumber terbuka 
yang dikembangkan oleh Google dengan menggunakan mesin refrending webKit. Proyek sumber terbukanya sendiri dinamakan Chromium.
  1. Internet Explorer
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjK5I31808EyAsrise8uPNjTVIllZCPEN1LBO3IzmmyIk5Kxj9aA-_f5XVviOQqbtBEZa4oVtMsIlt6rFdbzSfQLby8gbm6xue1Y0i8nRZBrmqYr7j92B31fP8edcFcJls6Xm3fz85DRs47/s200/IIIIIIIIIIIIIIII.jpg
Internet Explorer merupakan sebuah browser keluaran Microsoft yang sangat terkenal dan banyak digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia untuk menmgakses internet, karena software ini didukung oleh teknologi baru untuk membuat tampilan web lebih dinamis dan lebih hidup serta kompetibel.







2. E-Mail Client
    Adalah sebuah software yang dimanfaatkan untuk membaca,menulis,dan mengirim surat elektronik(e-mail).
3.IRC Cilent
   Adalah singkatan dari Internet Relay Chat yaitu software yang berfungsi untuk membantu kita berbincang-bincang secara langsung (real time) lewat media.Contoh: software IRC Client yang popular yaitu mIRC.
4. Dial Up Networking
    
    Adalah software kecil yang akan menghubungkan komputer pribadi kita dengan jaringan internet global lewat sebuah internet service provide.Software ini hanya menyuruh kita untuk memasukan nomor telepon,username,dan password yang pada akhirnya ia akan mengirimnya ke ISP supaya kita bisa berhubungan dengan internet.
5. Surfing/Browsing
    Merupakan istilah umum yang digunakan bila menjelajahi dunia maya atau web.Tampilan web yang sangat artistik yang tidak hanya menampilkan teks tapi juga gambar-gambar yang ditata sedemikian rupa sehingga selalu membuat betah netter untuk surfing berjam-jam.Karena itu para netter harus sangat memperhitungkan rencana web mana saja yang akan dikunjungi atau batasi informasi yang ingin diakses,karena bila tidak netter akan tersesat kedalam rimba informasimaha luas.
6. Langkah-langkah dalam browsing
    a. Klik double pada icon Internet Explorer 
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhYQfzMTSEZyeSfj08xhTXzQgN01U4-DZErJlSeBqEuRvlbYzDpZGzVJaFimIKJefqnUXVU0907_Z9a4_kzYF1ZSp4TTCG08SFtdZqNddQzHfuoDaFpLB3psFqKsnx0r0fg4rBPAxjJCC_j/s200/sjsjsjjj.jpg

   
    b. Pastikan nama situs yang akan Anda browsing,Misalnya,Situs berita islam era muslim.
    c. Ketikan nama situs tersebut pada kolom address (contoh:http://www.eramuslim.com/)
    d. Tekan 'enter'.Atau kliktombol Go.
    e. Tunggu beberapa saat hingga tampilan keseluruhan selesai dan tertulis 'Done' di Status Bar.
 Program Aplikasi- Perangkat lunak aplikasi adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna. Biasanya dibandingkan dengan perangkat lunak sistem yang mengintegrasikan berbagai kemampuan komputer, tapi tidak secara langsung menerapkan kemampuan tersebut untuk mengerjakan suatu tugas yang menguntungkan pengguna. Contoh utama perangkat lunak aplikasi adalah pengolah kata, lembar kerja, dan pemutar media. Berdasarkan cara mendapatkan perangkat lunak dan hak pemakaian, perangkat lunak dapat digolongkan pada perangkat lunak komersial, perangkat lunak domain public, shareware, freeware, dan rentalware.
a. Perangkat lunak komersial
Perangkat lunak harus dibeli. Ada hak ciptanya.
b. Perangkat Lunak domain-public
Perangkat lunak ini bersifat gratis dan tidak ada hak cipta.
c. Shareware
Perangkat lunak ini bebas digunakan untuk pengujian dan terkadang selamanya. Namun diharapkan pemakai memberikan dana kepada pembuatnya jika pemakai bermaksud untuk menggunakannya secara terus-menerus. Seringkali ada hak cipta, tetapi terkadang bebas untuk diberikan kepada siapa saja.
d. Freeware
Perangkat lunak yang dapat digunakan secara gratis atau cuma-cuma.
e. Free Software
Perangkat lunak yang dilengkapi dengan kode sumber, dapat digunakan oleh siapa saja dan bebas untuk dikembangkan sendiri oleh pemakai. Untuk mendapatkannya bisa saja gratis ataupun membayar dengan harga yang relatif murah.
f. Open Source
Serupa dengan free software, hanya berbeda dalam filosofinya. Beberapa aplikasi yang digabung bersama menjadi suatu paket kadang disebut sebagai suatu paket atau suite aplikasi (application suite). Contohnya adalah Microsoft Office dan OpenOffice.org yang menggabungkan suatu aplikasi pengolah kata, lembar kerja, serta beberapa aplikasi lainnya. Aplikasiaplikasi dalam suatu paket biasanya memiliki antarmuka pengguna yang memiliki kesamaan sehingga memudahkan pengguna untuk mempelajari dan menggunakan tiap aplikasi. Sering kali, mereka memiliki kemampuan untuk saling berinteraksi satu sama lain, sehingga menguntungkan pengguna. Contohnya, suatu lembar kerja dapat dimasukkan dalam suatu dokumen pengolah kata walaupun dibuat pada aplikasi lembar kerja yang terpisah. Aplikasi dapat digolongkan menjadi beberapa kelas, antara lain sebagai berikut.
a. Perangkat lunak perusahaan (enterprise).
b. Perangkat lunak infrastruktur perusahaan (bisnis).
Perangkat lunak ini digunakan untuk menangani aplikasi bisnis. Misalnya berupa program untuk menangani persediaan barang (inventory control), pencatatan dan pembayaran piutang (account receivable), dan registrasi mahasiswa (sistem akademis).
c. Perangkat lunak media dan hiburan.
Perangkat lunak media dan hiburan mencakup program-program permainan (game), program untuk memainkan musik (winamp), dan program untuk memainkan film (Xing).
d. Perangkat lunak pendidikan
Perangkat lunak ini berguna untuk mempelajari/mereferensi suatu pengetahuan. Termasuk dalam kategori ini adalah program kamus, ensiklopedia, pelajaran ilmu pengetahuan, pelajaran bahasa asing, dan simulasi.
e. Perangkat lunak pengembangan media.
f. Perangkat lunak rekayasa produk.
g. Perangkat lunak informasi dan produktivitas kerja.
Perangkat ini berguna untuk meningkatkan produktivitas kerja pemakai. Beberapa golongan perangkat lunak untuk meningkatkan produktivitas kerja seperti tabel berikut.
Tabel 1.3. Jenis-jenis perangkat lunak
Jenis
Keterangan
Word processing
Untuk menciptakan dokumen atau membuat surat. Misalnya Word dan Abiword.
Spreadsheet
Pengolah data dalam bentuk kumpulan sel, yang memungkinkan penghitungan secara dinamis. Contohnya Microsoft Excel dan Start Office.
Desktop publishing
Menangani pembuatan buku, surat kabar, dan iklan. Contohnya CorelDraw.
Presentasi grafik
Untuk membuat bahan-bahan presentasi dalam bentuk transparan atau membuat diktat dan sekaligus dapat dipakai sebagai alat untuk presentasi, misalnya PowerPoint, Start Office, dan Impress.
Komunikasi
Untuk melakukan komunikasi antarpemakai secara elektronis, contoh: Microsoft Outlook dan Opera. Software ini dapat digunakan untuk mengirim dan menerima surat elektronis.
Personal informationManager
Mengelola informasi yang berhubungan dengan jadwal, tugas, data rekanan atau klien, dan keuangan.
Manajemen data
Untuk mencatat, memanipulasi, dan mengambil data atau informasi.
Pada dasarnya, perangkat lunak yang sering kita jumpai dan dikenal oleh masyarakat luas, antara lain perangkat lunak pengolah kata, perangkat lunak pengolah angka, perangkat lunak pengolah grafis, perangkat lunak pembuat presentasi, dan perangkat lunak untuk akses internet atau browser.
1. Software Pengolah Kata (Word Processing)
Word processing atau pengolah kata adalah kelompok perangkat lunak yang fungsi utamanya adalah untuk membuat dokumen. Perangkat lunak ini memberikan kemudahan dalam memformat teks misalnya agar teks tertata rapi dengan rata di bagian kanan dan kiri, membuat teks tertentu ditebalkan atau dimiringkan, mengatur font (jenis tulisan, misalnya arial, times new roman termasuk ukurannya), bahkan memungkinkan untuk menambahkan gambar atau foto ke dalam dokumen. Kemampuan pengolah kata sangat bervariasi, sebagai contoh ada yang memberikan fasilitas untuk membuat tabel, membuat kolom koran atau bulletin, serta mengatur teks agar dapat ditampilkan ke dalam format HTML. Pengolah kata seperti Word mendukung fitur spellingchecker, grammar checker, dan thesaurus.
  • Spelling checker digunakan untuk mengidentifikasi kesalahan ejaan.
  • Grammar checker digunakan untuk mengidentifikasi kesalahan pada tata bahasa.
  • Thesaurus digunakan untuk mencarikan padanan kata.
Berikut adalah daftar program aplikasi pengolah kata dan perusahaan pembuatnya.
Tabel 1.4. Daftar program pengolah kata dan pembuatnya
Nama
Vendor
Ami Pro
Lotus development corp
Start Office Writer
Sun Microsystem
Word
Microsoft Corporation
Word Perfect
Novel Corporation
Word Star
Wordstar International Corporation
2. Software Pengolah Angka (Spreadsheet)
Perangkat lunak spreadsheet mempunyai tampilan yang sangat khas, yaitu berupa sekumpulan sel. Setiap sel memiliki alamat yang dinyatakan dengan nama baris dan kolom. Tampilan spreadsheet tersebut terlihat nama barisnya dinyatakan dengan angka, sedangkan kolomnya dinyatakan dengan huruf.
3. Software Pengolah Grafis
Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan teks dan atau gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan. Seni desain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan termasuk tipografi, pengolahan gambar, dan page layout. Desainer grafis menata tampilan huruf dan ruang komposisi untuk menciptakan sebuah rancangan yang efektif dan komunikatif. Desain grafis melingkupi segala bidang yang membutuhkan penerjemahan bahasa verbal menjadi perancangan secara visual terhadap teks dan gambar pada berbagai media publikasi guna menyampaikan pesan-pesan kepada komunikan seefektif mungkin. Software pengolah grafis adalah perangkat lunak yang dapat digunakan untuk mengolah berbagai macam gambar/grafik. Kelebihan dari program ini adalah dapat menggabungkan berbagai berkas yang dihasilkan oleh perangkat lunak yang lain, misalnya dokumen dari pengolah kata, gambar buatan yang dilakukan melalui perangkat penggambar seperti paint, dan gambar dari hasil scanner. Contoh program aplikasi pengolah grafis yang populer adalah CorelDraw.
Pada sel tersebut Anda dapat menuliskan teks, angka, dan bahkan rumus. Rumus yang disediakan beraneka ragam, dari yang sederhana hingga yang kompleks seperti menghitung jumlah nilai dari beberapa kolom hingga sampai pada perhitungan investasi. Apabila Anda menerapkan rumus, spreadsheet akan secara otomatis akan melakukan perhitungan ulang sekiranya nilai-nilai yang dilibatkan dalam rumus ada yang diubah. Sifat seperti itu dapat dimanfaatkan untuk melakukan analisis What-If, yaitu suatu analisis yang dilakukan dengan mengubah nilai untuk melihat efeknya terhadap perubahan tersebut. Spreadsheet dilengkapi dengan fasilitas untuk menyajikan data dalam bentuk grafik. Berbagai macam jenis grafik seperti diagram batang, diagram lingkaran, atau diagram garis dapat Anda pilih dengan mudah. Tabel berikut adalah daftar program aplikasi spreadsheet dan perusahaan pembuatnya.
Tabel 1.5. Program aplikasi dan perusahaan pembuatnya
Nama
Vendor
Claris Resolve
Claris Corporation
Excel
Microsoft
Lotus 1-2-3
Lotus Development Corporatio
QuatroPro
Novel Corporation
SDtart Office Calc
Sun Microsystem
3. Software Pengolah Grafis
Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan teks dan atau gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan. Seni desain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan termasuk tipografi, pengolahan gambar, dan page layout. Desainer grafis menata tampilan huruf dan ruang komposisi untuk menciptakan sebuah rancangan yang efektif dan komunikatif. Desain grafis melingkupi segala bidang yang membutuhkan penerjemahan bahasa verbal menjadi perancangan secara visual terhadap teks dan gambar pada berbagai media publikasi guna menyampaikan pesan-pesan kepada komunikan seefektif mungkin. Software pengolah grafis adalah perangkat lunak yang dapat digunakan untuk mengolah berbagai macam gambar/grafik. Kelebihan dari program ini adalah dapat menggabungkan berbagai berkas yang dihasilkan oleh perangkat lunak yang lain, misalnya dokumen dari pengolah kata, gambar buatan yang dilakukan melalui perangkat penggambar seperti paint, dan gambar dari hasil scanner. Contoh program aplikasi pengolah grafis yang populer adalah CorelDraw. Berikut adalah daftar program aplikasi desktop publishing dan perusahaan pembuatnya.
Tabel 1.6. Program pengolah grafis dan perusahaan pembuatnya
Nama
Vendor
CorelDraw
Corel Corporation
Frame Maker
Frame Technology
In Design
Adobe
Publish It
Timework International
Ventura
Corel Corporation
4. Software Presentasi Grafik
Program perangkat lunak presentasi grafik berguna untuk membuat bahan presentasi dan juga sekaligus untuk melaksanakan presentasi. Dengan menggunakan perangkat ini Anda dapat dengan mudah membuat bahan presentasi yang disertai dengan gambar, grafik serta mencetaknya ke dalam bentuk kertas atau plastik transparan. Apabila Anda menggunakan perangkat lunak ini untuk melakukan presentasi dengan menghubungkan komputer ke proyektor LCD dan menayangkan keluaran proyektor LCD ke layar presentasi, banyak fitur lain yang dapat Anda libatkan. Beberapa fitur yang dapat dilibatkan antara lain menambahkan animasi saat terjadi pergantian slide dan bahkan Anda juga dapat menyajikan film yang direkam dengan kamera video. Berikut adalah daftar program aplikasi perangkat lunak presentasi grafik dan perusahaan pembuatnya.
Tabel 1.7. Program presentasi dan perusahaan pembuatnya
Nama
Vendor
Action
Corel Corporation
StarOffice Impress
Frame Technology
FreeLance Graphics
Adobe
PowerPoint
Timework International
WordPerfect Presentation
Corel Corporation
Keempat software atau perangkat lunak yang dijelaskan pada uraian di atas merupakan perangkat lunak yang sangat berguna dan selalu digunakan oleh manusia untuk berbagai macam keperluan. Jadi, dapat dikatakan bahwa perangkat lunak seperti contoh di atas tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari kita.
    Open                     : membuka dokumen atau file dan mengakses alamat tertentu.
·         Edit                       : menampilkan halaman ke program editor yang dapat mengedit file.
·         Save                      : menyimpan perubahan yang telah dilakukan pada konfigurasi dari IE.
·         Save as                   : menyimpan dokumen yang aktif menjadi file dengan format HTML.
·         Page Setup             : mengubah ukuran kertas, header dan footer, orientasi pencetakan, serta margin halaman dari dokumen aktif yang hendak dicetak.
·         Print                       : mencetak dokumen yang aktif ke printer.
·         Print Preview            : menampilkan hasil cetakan pada layar komputer.
·         Send                      : mengirim link atau halaman aktif melalui e-mail dan membuat shorcut untuk alamat dari dokumen yang aktif.
·               Import and Export     : mengexpor dan mengimpor file di folder favorite dan bookmark dari dan ke IE.
·         Properties                : menampilkan informasi mengenai dokumen yang aktif saat itu.
  • Work Offline              : menampilkan halaman web tanpa terhubungi ke Internet.
  • Close                       : keluar atau menyudahi dari IE.
b. Menu Edit
            Menu edit terbagi dalam 5 submenu yang berfungsi mengedit atau memanipulasi data. Submenu yang tedapat pada Edit yaitu :
·         Cut            : menghilangkan bagian terpilih pada dokumen yang aktif dan menyalinnya ke clipboard.
·         Copy         : mengcopy atau menyalin bagian yang kita pilih dari dokumen atau file yang aktif ke clipboard.
·         Paste        : menyisipkan data yang terdapat dalam clipboard ke dalam dokumen yang aktif pada posisi kursor.
·         Select All  : memilih maupun menandai seluruh isi dokumen yang aktif saat itu.
·         Find          : mencari dan menemukan suatu kata atau kalimat yang terdapat dalam dokumen yang aktif.
c. Menu View
            Menu View terbagi dalam submenu yang berfungsi melakukan manipulasi tampilan yang terlihat di layar komputer. Submenu yang terdapat dalam menu View :
·         Tollbar            : menampilkan atau menyembunyikan toolbar pada halaman IE yang tampak dilayar monitor. Bila terdapat tanda cek didepan pilihan ini maka toolbar pilihan tersebut sedang aktif.
·         Status Bar     : menampilkan atau menghilangkan baris status pada halaman IE yang tampak dilayar monitor. Bila terdapat tanda cek didepan pilihan ini maka status bar tersebut sedang aktif.
·         Explorer Bar  : menampilkan atau menyembunyikan Explorer Bar pada halaman IE yang tampak dilayar monitor. Bila terdapat tanda cek didepan pilihan ini maka Explorer Bar tersebut sedang aktif.
·         Go to               : menampilkan halaman sebelumnya, berikutnya atau alamat yang sudah pernah diakses sebelumnya.
·         Stop                : menghentikan proses penampilan suatu halaman web yang sedang kita akses.
·         Refresh          : menampilkan atau memproses kembali isi halaman web yang sedang aktif untuk memperbarui isinya.
·         Text Size        : mengubah ukuran text atau huruf dari dokumen yang sedang aktif.
·                                                         Encoding       : menentukan bahasa yang digunakan pada halaman web yang sedang aktif.
  • Source                       : menampilkan bentuk asli pada halaman yang sadang aktif.
·         Privacy Report : menampilkan kotak dialog Privacy Report yang berisi informasi tentang halaman web yang sudah dibuka.
·         Full Screen   : menampilkan jendela IE satu layar penuh tanpa baris judul, baris status, baris menu.
d. Menu Favorites
            Menu Favorites memiliki beberapa submenu yang berfungsi untuk menyimpan alamat suatu homepage yang kita inginkan ke harddisk dan mengantarkan sesuai  keinginan kita. Submenu yang terdapat pada menu Favorotes :
·         Add to Favorites       : menyimpan alamat suatu web yang kita inginkan ke dalam folder favorites untuk diakses kembali.
·         Organize Favorites  : mengatur alamat web yang terdapat dalam folder favorites agar lebih mudah mengaksesnya kembali.
·         Item lain                     : berisi alamat yang pernah kita simpan dalam folder favorites.
e.  Menu Tools
            Menu tools terdiri dari submenu-submenu yang berfungsi untuk mengakses outlook exprees. Submenu yang terdapat folder favorites :
https://encrypted-tbn2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQhrKH-FMVQnqb5RqprR3XcsIR3aVhAbn3K1eSjmTuducYM62nf1g
·         Mail and News         : menampilkan fasilitas e-mail dan memanfaatkan fasilitas e-mail untuk mengirim link atau halaman melalui e-mail
·         Synchronize             : menyingkronkan isi data yang dapat diakses secara offline.
·         Windows update      : mengakses homepage yang berisi komponen Windows yang baru maupun yang perlu diupdate dari internet.
·         Internet options        : menampilkan kotak dialog yang digunakan untuk mengatur setting cara kerja IE.
f. Menu Help
            Menu help terbagi dalam beberapa submenu yang berfungsi untuk membantu dalam memecahkan suatu masalah saat mejalankan IE. Submenu yang terdapat pada menu help :
  • Contens and Index              : menampilkan jendela banmtun IE.
·         Tip of the day                        : menampilkan informasi petunjuk yang berkaitan dengan IE.
  • For netscape User               : menampilkan informasi untuk pengguna browser.
  • Online support                                 : memproleh informasi tentang bantuan online.
  • Send feedback                                 : untuk memberikan tanggapan tentang IE.
  • About internet explorer       : menampilkan informasi tentang IE.
2.Mozilla Firefox
a. Menu File
            Menu pada file terdiri dari beberapa submenu yaitu :
* New Window    (Ctrl+N)                                  * Page setup                        
* New Tab                        (Ctrl+T)                                   * Print preview
* Open location (Ctrl+L)                                   * Print
* Open file                       (Ctrl+O)                                  * Import
* Close                 (Ctrl+W)                                 * Work offline
* Save page as   (Ctrl+S)                                  * Exit
* Send link
b. Menu Edit
            Menu pada edit terdiri dari submenu yaitu :
  • Undo                          (Ctrl+Z)
  • Redo                          (Ctrl+Y)
  • Cut                              (Ctrl+X)
  • Paste                          (Ctrl+V)
  • Delete                                    (Del)
  • Select All                   (Ctrl+A)         
  • Find in this page      (Ctrl+F)
  • Find again                 (Ctrl+G)
c. Menu View
            Menu pada view terdiri dari submenu yaitu :
* Toolbar                                      * Page style  
* Status bar                                 * Character encoding
* Side bar                                     * Page Source          (Ctrl+U)
* Stop       (Esc)                           * Full screen
* Reload   (Ctrl+R)                      * Text size                                                     
d. Menu History
            Submenu yang terdapat pada menu ini yaitu :
  • Back
  • Forward
  • Home
  • Recently closed tabs
  • Show in side bar
e. Menu Book Marks
            Submenunya yaitu :
  • Bookmark this page
  • Subscibe ti this page
  • Bookmark all tabs
  • Mozilla firefox
f. Tools
  • Web search
  • Downloads
  • Add-ons
  • Error consle
  • Page info
  • Clear private date
  • Options
g. Help
  • Help Contents
  • For internet Explorer users
  • Release notes
  • Report broken website
  • Report web forgery
3.Open Internet Browser
1. Enter Address = pilih enter address tersebut untuk memasukan url situs yang ingin di tuju,maka langsung terintegrasi pada box address di start page.

2. Start Page = pilihan yang akan langsung membawa kita ke halaman awal browser

3. Bookmarks = pilihan ini akan membawa kita ke daftar situs yang kita jadikan bookmarks pada sistem browser.

4. Tools = peralatan, merupakan pilihan yang berfungsi untuk mengatur (mensetting) sistem kerja browser. Didalamnya terdapat:

¤history = pilihan untuk menuju history (riwayat)

¤setting = pengaturan sitem hp. (tentang pengaturan browser opera mini disini )

¤ Help = pilihan bantuan. Diantaranya:

a ) Shotcut = pengaturan tombol cepat. (lihat daftar tombol shotcut disini)

b ) Online Help = bantuan Online yang akan dihubungkan langsung ke situs /halaman "help" pada situs Opera .

c ) bug report= laporan bug. Merupakan laporan keluar masuknya data transfer antara sistem hp dan server opera dalam satuan kilobyte data transfer.

d ) about = tentang aplikasi opera mini. Pilihan ini berfungsi bagi kita untuk mengetahui jenis / versi berapa browser opera mini yang kita gunakan dan informasi vendor software tersebut

5. Exit = pilihan untuk keluar aplikasi.
D.URL ( Uniform Resources Locator ) , Domain  Name , dan Website 
URL
Uniform Resource Locator ( URL ) adalah suatu sarana yang digunakan untuk menentukan lokasi informasi pada suatu web server. Makna yang sudah dipahami secara umum, URL adalah “alamat situs internet”, yang biasa diketik di address bar dalam browser internet kita.
Format umum suatu URL adalah :
Protokol transfer ://nama host/path/nama file
* Protokol transfer adalah protocol yang digunakan oleh suatu browser untuk mengambil informasi.
* Nama host adalah nama dari komputer dimana informasi tersebut berada.
* Path/nama file adalah jalur serta nama file dari suatu informasi.
Hmm, bahasa kasarnya www adalah protokol yg menghubungkan user (kita semua) dengan dunia maya (internet) di dalam www itu sendiri tersimpan milyaran data & informasi baik berupa teks/dokumen, gambar, video atau animasi yang bisa diakses oleh user/pengguna di seluruh dunia dalam waktu yang bersamaan.
Domain
Domain adalah nama yang merupakan identifikasi dari satu atau lebih alamat IP. Sebagai contoh nama domaingoogle.com mewakili lusinan alamat IP. Atau pengertian yang lebih mudah adalah Domain merupakan nama unik/alamat untuk website kita, domain merupakan nama yang diakhiri dengan .com, .net, .org, .biz, .tv dan lain-lain. Sebagai contoh, nama domain untuk alamat website (URL)http://bloggerpemula.info, adalah bloggerpemula.info.
Ada beberapa istilah-istilah lain yang berhubungan dengannama domain, seperti Top Level Domain, Sub Domain, Add-On Domain, Parked Domain dan Domain Redirect. Memahami arti istilah-istilah tersebut bisa membantu kita ketika ngeblog dan ingin memiliki domain sendiri.
Website,homepage,dan webpage
Sebuah situs web (sering pula disingkat menjadi situs saja; web site, site) adalah sebutan bagi sekelompok halaman web (web page), yang umumnya merupakan bagian dari suatu nama domain (domain name) atau subdomain di World Wide Web (WWW) di Internet. WWW terdiri dari seluruh situs web yang tersedia kepada publik. Halaman-halaman sebuah situs web diakses dari sebuah URL yang menjadi "akar" (root), yang disebut homepage (halaman induk; sering diterjemahkan menjadi "beranda", "halaman muka"), dan biasanya disimpan dalam server yang sama. Tidak semua situs web dapat diakses dengan gratis. Beberapa situs web memerlukan pembayaran agar dapat menjadi pelanggan, misalnya situs-situs yang menampilkan pornografi, situs-situs berita, layanan surat elektronik (e-mail), dan lain-lain.

Terminologi website adalah kumpulan dari halaman-halaman situs, yang biasanya terangkum dalam sebuah domain atau subdomain, yang tempatnya berada didalam World Wide Web (WWW) di Internet. Sebuah web page adalah dokumen yang ditulis dalam format HTML (Hyper Text Markup Language), yang hampir selalu bisa diakses melalui HTTP, yaitu protokol yang menyampaikan informasi dari server website untuk ditampilkan kepada para pemakai melalui web browser. Semua publikasi dari website-website tersebut dapat membentuk sebuah jaringan informasi yang sangat besar.

Halaman-halaman dari website akan bisa diakses melalui sebuah URL yang biasa disebut Homepage. URL ini mengatur halaman-halaman situs untuk menjadi sebuah hirarki, meskipun, hyperlink-hyperlink yang ada di halaman tersebut mengatur para pembaca dan memberitahu mereka sususan keseluruhan dan bagaimana arus informasi ini berjalan.

E.MESIN PENCARI ( SEARCH ENGINE )
Search engine adalah sistem database yang dirancang untuk mengindex alamat-alamat website di internet . Untuk melaksanakan tugasnya ini, search engine atau mesin pencari memiliki program khusus yang biasanya disebut spider crawler. Pada saat Anda mendaftarkan sebuah alamat website (URL), spider dari search engine tersebut akan menerima dan menganalisa URL tersebut lalu mengcrawlnya.
1.SITUS PENYEDIA SEARCH ENGINE
            Ada banyak situs penyedia search engine di internet , beberapa di antaranya adalah  Google, Yahoo!, livesearch, webcrawler ,looksmart ,MSN, dan Wisenut.Semuasearch engine di situs - situs tersebut memiliki prosedur penggunaan yang sama , yaitu ketik kata kunci kemudian tekan tombol Enter.
a.Google
            Search engine Google beralamat di http://www.google.com berbahasa inggris atau http://google.co.id berbahasa indonesia.
b. yahoo
            search engine yahoo! beralamat di http://www.yahoo.com yahoo! internasional berbahasa inggris atau http://id.yahoo.com yahoo! berbahasa indonesia .
c. live search
            search engine live search beralamat di http://www.livesearch.com
d. webcrawler
 search engine WebCrawler beralamat di http://www.webcrawler.com .
e.MSN (microsoft network)
            search engine MSN beralamat di http://www.msn.com
f.looksmart
            search engine LookSmart beralamat di http://www.looksmart.com .
g.wisenut
            search engine wisenut beralamat di http://wisenut.com .
2. Menggunakan Search Engine dan Menyimpan Informasi Hasil Pencarian
a.Pencarian Informasi Berupa Halaman Web
            Pastikan kode pencarian web sudah diaktifkan . Selanjutnya ketikan kata kunci tersebut akan ditampilkan . Beberapa saat kemudian  hyperlink yang berhubungan dengan kata kunci tersebut akan ditampilkan . Klik salah satu link yang menurut kamu sesuai dengan informasi yang kamu inginkan .
b.Menyimpan Halaman Web
           
            Berikut ini langkah – langkah untuk menyimpan halaman web ,
1)    Setelah halaman web terbuka secara lengkap , klik menu bar file , pilih menu save as .
2)    Pada kotak save in , tentukan folder tempat penyimpanan halaman web tersebut. Pada kotak save as type, tentukan tipe file yang akan kamu simpan .
3)    Selanjutnya akan muncul tampilan proses downlod file di layar komputer.Sambil menunggu proses downlod selesai , kamu bisa menjalankan aplikasi lain atau kembali browsing mengakses situs – situs yang lain . Biasanya , jika kotak dialog proses downlod tidak lagi muncul , berarti proses donwlod telah selesai.
c.Pencarian Informasi Berupa Gambar
      Berikut langkah – langkah pencarian gambar menggunakan search engine.
1)    Pertama – tama menu di atas kolom pencarian google diubah ke mode Gambar ( images ).Lalu ketik kata kunci di kolom pencarian kemudian klik tombol enter pada keyboard.
2)     Selanjutnya kamu akan menemui gambar – gambar berukuran kecil . Klik salah satu gambar yang kamu inginkan.
3)    Untuk menyimpan gambar tersebut , klik kanan gambar tersebut  kemudian klik save picture as .
4)    Pada kotak dialog save as , klik tombol save . Sambil menunggu downlod kamu bisa mengakses web lain .
d.Pencarian Informasi Berupa File Tertentu 
            Kamu dapat juga meminta search engine untuk mencarikan tipe file tertentu saja berdasarka kata kunci.Kamu tinggal memasukan kata kunci dikolom pencarian,lalu pilih hyperlink yangberhubungan dengan kata kunci mu.
Tool Pengukur Kecepatan Internet
Apakah koneksi internet anda terasa lemot dan anda ingin mengetahui kecepatannya? Apakah sesuai dengan yang dijanjikan provider internet anda? Sangat mudah, anda tinggal menggunakan tool-tool di bawah ini dengan pasti dan akurat.
1. 
 Speed.io (http://speed.io/)
http://hyunjaeiskai.files.wordpress.com/2010/06/speed-io1.jpg?w=510&h=442
Speed.io merupakan modern DSL speed-test untuk menganalisa akses internet broadband. Anda tinggal mengunjungi situs ini dan segera dapat mengukur kecepatan koneksi anda saat itu.

2. 
 2Wire Speed Test (http://www.2wire.com/bandwith/initialmeter.php)
http://hyunjaeiskai.files.wordpress.com/2010/06/2wire-speed-test.jpg?w=510&h=435
Tool ini sangat mudah pemakaiannya, tidak perlu memasukkan apapun juga, anda hanya perlu membuka situs ini maka akan secara otomatis mulai mengukur bandwidth internet anda.
3. 
 McAfee Speed Test (http://us.mcafee.com/root/speedometer/default.asp)
http://hyunjaeiskai.files.wordpress.com/2010/06/mcafee-speed-test.jpg?w=510&h=333
McAfee tidak saja mengeluarkan anti virus yang ampuh tetapi juga menyediakan Speed Test untuk koneksi internet.
4. 
 Intel Speed Test(http://www.intel.com/cd/personal/computing/emea/eng/383655.htm)
Merupakan Speedtest koneksi internet yang disediakan website resmi intel.
5. 
 SpeedTest (http://www.speedtest.net/)
Selain untuk tes koneksi, tool ini juga mudah untuk mengingat nama domain, selain itu juga memiliki tampilan interface yang menarik
6. 
 Bandwidth Place (http://www.bandwidthplace.com/)
http://hyunjaeiskai.files.wordpress.com/2010/06/bandwidth-place.jpg?w=510&h=370
Sangat mudah menggunakan tool ini, anda cukup klik start maka sudah dapat melakukan tes bandwidht.
7. 
 SpeakEasy (http://www.speakeasy.net/speedtest/)
Merupakan opsi tool pengukur speed koneksi internet dari daftar server yang berbeda untuk mendapatkan hasil yang akurat.
8. 
 Kify Internet Speed Test (http://speed.kify.com/)
Kify.com Bandwidth Meter adalah tool untuk memeriksa bandwidth koneksi internet pada DSL, cable modem, dan layanan-layanan broadband yang lain.
9. 
 CNET Bandwidth Meter (http://reviews.cnet.com/internet-speed-test/)
CNET Bandwidth Meter speed adalah salah satu metode paling cepat dan reliable untuk memeriksa kecepatan internet.
10.
 Airtel Broadband (http://speed.airtelbroadband.in/)
Tool untuk tes bandwidht ini adalah buatan provider internet asal India yang juga dapat menganalisa kecepatan dan kualitas koneksi.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar