Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

materi 7 email

Materi 7
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjM3tLKQLR1wTnMKhm2W_XAhSfj0xmkVHgDqizUaiZUqjUEtNZnbSpYZzK9_BQSOqsK-7YQTmy9lfqRdLNi-CSw37oZVzftDbuh_kLDgfyuVjQFNcfONlj37Onx3FUV3kXp_U1mEiccYrZI/s200/email.jpg
Sejarah Email
Pada tahun 1971, seorang insinyur bernama Ray Tomlinson ditugaskan dalam proyek yang disebut SNDMSG. Program ini bukan merupakan program baru, karena sebenarnya program tersebut sudah ada selama sekian tahun. Dengan standar masa kini, program tersebut bisa dikatakan lebih dari primitif. Apa yang dilakukan program tersebut hanyalah memungkinkan pengguna pada mesin yang sama dapat saling mengirim pesan satu sama lain. Pengguna dapat membuat dokumen teks yang kemudian akan dikirimkan ke dalam kotak surat pada mesin yang sama.
 

Awalnya Ray bereksperimen dengan sebuah program yang bernama SNDMSG yang bisa digunakan untuk meninggalkan pesan pada sebuah komputer, sehingga orang lain yang memakai komputer itu dapat membaca pesan yang ditinggalkan. Lalu ia melanjutkan eksperimennya dengan menggunakan file protocol yang bernama CYPNET sehingga program SNDMSG tadi bisa mengirim pesan ke komputer lain yang berada di dalam jaringan ARPAnet. Itulah awal terciptanya sebuah 'e-mail'. Pesan e-mail yang pertama kali dikirim Ray, dan merupakan e-mail yang pertama di dunia adalah "QWERTYUIOP".
 

Pada tahun 1972, Ray mengenalkan icon ' @ ' sebagai identitas e-mail untuk memisah user id dan domain sebuah alamat e-mail, yang berarti "at" atau "pada".
 

Salah satu program email pertama yang terbesar yang dapat digunakan oleh umum adalah Eudora. Email ini pertama kali ditulis pada tahun 1988 oleh Steve Dorner. Pada saat itu ia adalah seorang karyawan di University of Illinois. Eudora diambil dari nama almarhum Eudora Welty, seorang penulis dari Amerika. Eudora adalah client email pertama yang menyediakan antarmuka grafis. Pada saat pertama muncul email ini bersifat gratis, meskipun kemudian setelah dibeli oleh Qualcomm pada tahun 1994, Eudora menjadi produk professional. 
Seperti aplikasi lain dalam web, Eudora adalah raja selama beberapa tahun, kemudian dengan cepat digantikan oleh client email dari Netscape dan Internet Explorer. Kedua client email tersebut menjadi popular tidak hanya karena mereka lebih baik dari Eudora, tapi juga karena mereka disediakan secara cuma-cuma dengan web browser. 
PENGERTIAN EMAIL
Surat elektronik (disingkat ratel atau surel atau surat-e) atau pos elektronik (disingkat pos-el) atau nama umumnya dalam bahasa Inggris “e-mail atau email” (ejaan Indonesila: imel) adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur Internet. Dengan surat biasa umumnya pengirim perlu membayar per pengiriman (dengan membeli perangko), tetapi surat elektronik umumnya biaya yang dikeluarkan adalah biaya untuk membayar sambungan Internet.
KELEBIHAN PENGGUNAAN EMAIL
- Nyaman
Untuk mengirim surat tidak perlu ke kantor pos, cukup duduk di depan komputer yang terhubung Internet dan ketik pesan lalu dikirim ke alamat tujuan. Bahkan sekarang inie-mail bisa dikirim melalui media komunikasi mobile seperti ponsel dan PDA (Personal Assistant Data). Cepat Hanya dengan hitungan detik e-mail dapat dikirimkan ke belahan dunia manapun. Murah Biaya pengiriman relatif sangat murah dibandingkan penggunaan telepon atau surat, terutama jika mengirim surat atau interlokal ke luar daerah atau luar negeri. Hemat sumber daya Kita tidak perlu membeli kertas, pulpen, atau memboroskan tinta printer untuk digandakan lalu dikirimkan ke beberapa orang sekaligus yang tidak sedikit mengeluarkan biaya.
- Global 
E-mail bisa digunakan oleh siapa saja, di mana saja, dan kapan saja sebagai sarana komunikasi di seluruh penjuru dunia. Reliabel Kita bisa menyimpan e-mail di server yang tidak akan hilang kecuali dihapus. Pesan multimedia Pesan yang dikirim tidak hanya sekedar teks (tulisan) saja. Isi e-mail dapat berupa gambar, foto, video, program, bahkan suara.
KELEMAHAN PENGGUNAAN E-MAIL 
1. Salah kirim
 
Bila sebuah e-mail yang berisi dokumen-dokumen penting salah alamat, maka ada kemungkinan dokumen tersebut disalahgunakan.
 
Rawan penyadapan
 
Ada kemungkinan e-mail disadap oleh oknum tertentu, sehingga dibutuhkan kehati-hatian dalam mengirimkan pesan rahasia.
2. Pemalsuan identitas 
Kita tidak bisa memastikan identitas seseorang hanya dengan mengetahui alamat e-mail yang dimilikinya.
 
3. Kebanjiran e-mail
 
Hal ini bisa terjadi karena mailbox sudah terlalu lama tidak dibuka atau dihapus.
 
4. Sampah e-mail
 
Banyak sekali e-mail sampah (junkmail/spam) yang berupa iklan komersial yang tidak kita harapkan.
 
5. Respon terlambat
 
Tidak semua orang membaca e-mail setiap hari sehingga ada
 
kemungkinan balasan akan mengalami keterlambatan.
ISTILAH DALAM EMAIL 
Istilah-istilah yang sering digunakan dalam menggunakan e-mail adalah :
 
1. Sign Up : Mendaftarkan diri (menjadi member)
 
2. Sign In : Pemilik e-mail dapat masuk ke e-mailnya sendiri apabila sudah terdaftar (menjadi member)
 
3. Compose : Menulis surat baru
 
4. Inbox : Surat yang masuk ke pemilik e-mail
 
5. To : Surat akan dikirim ke alamat e-mail yang dituju
 
6. CC : Surat dikirim secara berantai ke alamat lain
 
7. BCC : Surat dikirim ke alamat yang dituju tanpa memberi tahu pemilik alamat yang tercantum di alamat CC
 
8. Draft : Surat yang ditulis tapi belum dikirim
 
9. Sent : Surat yang terkirim
 
10. Spam : Surat yang berisi kata-kata yang tidak baik/menganggu
 
11. Reply : Membalas surat yang diterima
 
12. Trash : Melihat e-mail yang telah dihapus
 
13. Bulk : Melihat e-mail yang dicurigai sebagai spam
 
14. Forward : Meneruskan surat yang diterima untuk disampaikan kepada orang lain
 
15. Attachment : Fasilitas pada sebuah program e-mail baik program komputer maupun webmail yang dapat digunakan untuk mengirimkan file, atau gambar, yang di ikutsertakan pada e-mail yang akan di kirim.
Tata Cara Membuat E-mail dengan Menggunakan Yahoo
Berikut ini adalah cara membuat email layanan dari yahoo;

1. Pada browser anda di address bar ketik www.yahoo.com kemudian tekan enter,
Tunggu hingga tampil halaman depan yahoo.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiAgndcNgBop8Rq4yTJZhtgjAD0gLerMaycU4hIOIZRQQ9lVICid6bwVoUObvesCn1TXdn-a4VzAtzPSRyeMsEeAvLpu7u3fpiQfjDBYLRaoLhcwjp5RMqRD3SC3IQKs-LVfXB9F_hih0hk/s400/signup.JPG
2. Klik tombol sign up
Tunggu hingga muncul kotak dialog berikut
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEggJCcB7FKoWivvrXpntsdZFMBeq3c5jNtC7afqKFTEmF38otvlxUUfCEYrNMHtcnpITi8pt50I-jxd2mA-1MV-hYILtlzEABL8QADnP30Y5eM10aRlc30tasnJf3-QJ6wI-6Ljj-kquK7l/s400/form+account.jpg
Isilah data pribadi anda dan akun yang anda inginkan, misalnya
1.My Name : andi
2.Last Name : muinz
3. Genger : male
4. Postal Code : 90245
5.Yahoo ID and Email : eritristiyanto@ yahoo.com
6. Password : (masukkan password anda) misal : 12345abc
7. Re-Type Password : 12345abc
8. Alternate email : dikosongkan saja
9. Security question : (pilih salahsatu pertanyaan yang ada)
10. Your Answer : (Jawab sesuai pertanyaan yg anda pilih)
11. Type the code shown : ketik kode yang ditampilkan oleh yahoo
pada saat saya membuat akun : GLzA6Fp
12. Centang checkbox I have read and agree to the Yahooo….
Klik tombol Create My Account
Tunggu hingga yahoo memproses permohonan akun anda
Jika berhasil maka akan muncul pesan Selamat dan sukses dari yahoo.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgBC409lL7yySE6m-KGJuQWV8zGD_lotGF-XbVYMWo0CViB61Cb7_m_tppJNUw4QvOXQP_YWJWPtqMW4z2NCubBaNKmhfhqhOXLvkqh_FJZhobaQ_E4saLRdF6kdyFQtYrermQ6S6JAYmBq/s400/yahoo+sukses.JPG
Sampai disini anda telah memilik email.
Yang harus anda lakukan sekarang adalah membuka email untuk mengaktifkannya.
Anda boleh membuat email lebih dari satu di yahoo….
atau anda boleh memmbuka email baru di gmail, atau hotmail…..
Yang harus anda ingat adalah anda harus mengaktifkan (membuka) email anda minimal 1 kali dalam 2 bulan karena jika tidak aktif maka yahoo akan menonaktifkan email anda, bahkan menghapusnya karena dianggap tidak aktif.

Tata Cara Membuat Email Menggunakan Gmail
Berikut ini adalah cara membuat email di google;

1. Pada browser anda di address bar ketik http://www.gmail.com kemudian tekan enter, atau (ketik gmail kemudian tekan dua tombol Ctrl Enter bersamaan). Tunggu hingga tampil halaman googlemail (gmail).

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjcBuCeXFT20VsXAsbIy2NO4LMAwr9OAG-p0jTGdANeJfrIDpzvHl7Cni_imXBGHRi-VRt-tYg5wEPeACOzsys70XFetdyxkfvIa9nvWd1B_gZdJLGjpJzkf_pmVJgskeGpIku1gvDqIwd_/s320/email+google+updateb.jpg2. Klik tombol Create an account
Tunggu hingga muncul kotak dialog berikut

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhhYdjNfZg_JOc4hSJQ_b97hyQFnk8Zn6I8MOKlgYAOO2q7e0OUMpvMrTLbkBbxx2-nqTrhLEdw5apaHl-GqervxwH1FsPd4hJzcHv1ls8iB4D4tJAASUNtm-h7BAAxiFiFmADF4Qtes-jN/s400/gmail2gabungb.JPG


Isilah data pribadi anda dan akun yang anda inginkan, misalnya
1.Nama depan : zandi
2.Nama Belakang : muin
3.Nama Login Yang diinginkan : andimuinz

Setelah mengisi data di atas tekan tombol cek ketersediaan, jika nama yang anda inginkan belum
ada yang pakai maka anda bisa lanjut ke data berikutnya

4. buat sandi : 1234567abc (anda bisa menggunakan kombinasi tanda asterik, angka atau abjad (huruf))
(minimal delapan karakter)
5. masukkan kembali sandi : 1234567abc
6. Pertanyaan rahasia : anda bisa memilih dengan menekan tombol panah bawah disamping kotak "pilih pertanyaan..." (Ini biasa digunakan gmail jika memverifikasi email anda jika anda suatu saat lupa password (tidak bisa login), untuk mengaktifkannya pertanyaan ini harus diingat agar bisa mengubah password (menghapus password lama menjadi password baru, sehingga anda bisa login kembali menggunakan email lama tetapi password baru dari gmail)
7. Jawaban : masukan jawaban anda (sesuai atau relevan dgn pertanyaan yang anda pilih.....)
8. Email sekunder: bisa tidak diisi
9. Lokasi : indonesia
10. Verifikasi kata : ketik karakter yang diberikan secara acak oleh gmail
Pada saat saya buat akun karakter yang saya tulis adalah: lersampk

11.Klik tombol: Saya menerima. Buat akunku

Tunggu hingga Gmail memproses permohonan akun anda

Jika berhasil maka akan muncul pesan Selamat dan sukses dari Gmail.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjpi4uOUfx-eyFP6_91NvZ3aGszfeOckurSSWoBryZg8yu2V9nVM95H4g7QRWLg2ITLlbyLvmQQQPqppJzwZluN7euXb7WpIFiM2gKG57wFlJepsCdPGJIUTi5Wrv0NVkFl_wUyCqwIp0Ye/s400/sukses+ok.JPG

Tekan tombol saya siap tampilkan akun saya (letaknya di sebelah kanan atas)

Sampai disini anda telah memilik email.
Yang harus anda lakukan sekarang adalah membuka email untuk mengaktifkannya.

Anda boleh membuat email lebih dari satu di gmail.....
atau anda boleh memmbuka email baru di yahooo, atau hotmail.....

Yang harus anda ingat adalah anda harus mengaktifkan (membuka) email anda minimal 1 kali dalam 2 bulan karena jika tidak aktif maka gmail akan menonaktifkan email anda, bahkan menghapusnya karena dianggap tidak aktif.
Langkah-Langkah mengirim email :
Langkah langkah untuk mengirim email melalui yahoo :
1.
 Login ke YahooMail.com atau klik Yahoo.com lalu klik menu mail. Masukkan username dan Password login nya. Seperti yang tercantum pada gambar di bawah ini :
http://yohansalman.com/wp-content/uploads/login%20yahoo%20mail.jpg
2.
 Setelah masuk ke bagian dalam akun email Anda lalu klik menu Create yang ada pada pojok kiri halaman email. Seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini :
http://yohansalman.com/wp-content/uploads/akun%20email.JPG
3.
 Setelah menklik menu Create atau New atau Buat akan tampil tampilan email seperti ini :
http://yohansalman.com/wp-content/uploads/kirim%20email.JPG
Kolom isian ;
1.
 To :
Diisi dengan alamat email yang di tuju. contohnya aayohan@gmail.com pastikan alamat email tersebut tanpa spasi, kesalahan satu karakter huruf seperti halnya mengirim SMS tidak akan terkirim.
2.
 CC : (diisi kalau diperlukan)
CC (copy carbon) alias salinan email kolom ini bisa diisi atau tidak. Fungsi kolom ini untuk mengirim email ke beberapa email sekaligus
 .  isi dengan alamat email tambahan jika ada alamat email lebih dari satu alamat email, contoh : emailteman1@gmail.com,emailteman2@yahoo.com (pisahkan dengan tanda koma) Anda juga bisa menambahkan BCC (Bling Copy Carbon)
pada menu yang ada disebelahnya.

Bcc bisa digunakan jika ingin orang yang dikirimi email tidak bisa mengetahui ke mana saja email tersebut anda kirimkan). Contoh kasusnya seperti ini, jika anda mengirim email ke 20 orang (alamat email), maka orang pertama tidak tahu ke 19 orang lainnya yang anda kirimi email, demikian juga orang kedua tidak mengetahui ke 19 orang lainnya yang anda kirimi email, demikian seterusnya.
Jika menggunakan Cc maka 20 orang yang anda kirimi email mengetahui ke mana saja anda kirim email tersebut.
3. Subject : 
Kolom isian ini untuk judul atau topik email. Pastikan diisi untuk memperjelas kiriman email oleh penerima Email.
4.
 Content :
Pada kolom kosong dibawah isilah dengan isi email. Gunakan bahasa yang baik dan benar untuk memudahkan penerima email Anda.
4. Langkah terakhir yaitu klik tombol
 Send yang berada di atas kolom send. Selesai.  Proses selanjutnya proses pengiriman email yg berlangsung dalam hitungn detik.

CARA MENGIRIM EMAIL DENGAN GMAIL
1. Login dengan akun yang telah dimiliki. Isi user name dengan nama email anda, misalnya domonfox.salut@gmail.com. isi password dengan password email anda kemudian klik sign.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi24qBiXts7nouDQPbvFG9TIH-r0qv1dOd3fJyb2nKeQBu74pO5JmXC4_VRkWTwfY4Uitw-t3WbVv_-T75qdfDytN5GiJQUMd8Gi0COvVaVfKqYno5TUu9u_2WLIp7vAHmcpnhYBaHepvrf/s320/11.jpg














2. Untuk mengirim surat klik bacaan compose mail di pojok kiri atas.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjWNrAf7s0f1eUlmfHQ1F2tXM6lWd9aCuFUxl9qIjueg_-KoJx_j57Fz8T12R5KVgYNgASS9Qk6agZUAwpugdHk0g8Q-qnAvbPGWYxFSfMKsJxFX2ysF7k_zsxkd4VOU6_qxzlL1d_Wik5M/s320/10.jpg















3. akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini.isilah bagian-bagian form/kotak kosong sesuai dengan permintaannya.kolom TO isi dengan Email tujuan, kolom Subject isi dengan judul surat,kolom surat isi dengan menulis surat.setelah komplit klik send.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhkzi08FU_aoGLJ5AuCkbuEkyskFDSKACH9thHUD8QL_e7RSne5-E_WQdljPgjgZBeoKfbArCY9l8iaUE7PBaIM6L7i2zKNc0mcU9_nfsClxNH162lilv2sHR5m8UtySLSAzcqaG-zzJnul/s320/12.jpg













4.Email anda akan segera di kirim. Apabila telah dikirim maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar